dari Buletin al-Munawwaroh

Pondok Pesantren Ciloa merupakan pesantren tertua di Kecamatan Bl. Limbangan Kabupten Garut. Pesantren Ciloa berdiri pada tahun 1908 yang didirikan oleh K.H. Raden Muhammad Romli, dan mengalami perkembangan naik turun yang di pengaruhi dengan adanya perjuangan yang di mulai dari perjuangan melawan penjajah sampai perjuangan melawan pemberontak sampai pada tahun 1940, dan mengalami kepakeman selama lima belas tahun, karena beliau hijrah ke cikeas Bogor, tapi kebetulan beliau memiliki menantu yang merupakan cikal bakal Kiyayi yang bernama K.H. Raden Ahmad Jawari yang dikenal dengan sebutan Mama momod yang berasal dari Cibiuk Garut, maka pada tahun 1955 mulai berdiri lagi dengan nama Pondok Pesantren Nahwu Sharaf yang di pimpin selama empat puluh tahun sampai tahun 1995.

Dari tahun 1995, Pesantren di pimpin oleh cucu menantu dari Raden Ahmd Jawari yang bernma K.H. Drs Raden Agus Muhammad Sholeh yang  menjadi menentu dari Raden Aceng Kholil  putra K.H. Raden ahmad Jawari, kebetulan beliau murid dari K.H.Raden Ahmad Jawri dan termasuk keturunan dari yang memebrikan wakap tanah kepada pondok pesantren yang memimpin sampai sekarang. Nama pondok pesantren itu sendiri adalah Pondok Pesantren Al-Munawwarah yang artinya pondok pesantren yang menyinari,dan berhaluan pada pendidikan alat untuk memebaca kitab, yaitu Pondok Pesantren Nahwu Shorof.

Pondok pesantren kini berada di bawah naungan yayasan pendidikan islam (YPI) Ciloa dengan akta notaris ibu yayah kusnariah, SH. yang benomor :24/C-16 HT-03-01-2003 dengan di pimpin langsung oleh K.H.Drs. Raden Agus Muhammad soleh, yang beralamat di jalan veteran komplek pesantren Ciloa RT 01 RW 15 Desa Limbangan Timur Kecamatan Bl. Limbangan Kabupaten Garut Jawa Barat.

Pondok Pesantren Nahwu Shorof  Ciloa ini cukup pesat dan menggembirakan semua pihak, sehingga di dukung dengan adanya  Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ciloa dengan setatus dari mulai terdaftar dan kini menjadi statusnya ter akreditasi dengan nilai C+ dan prosesnya yang sangat relatif cepat  di peruntukkan untuk seluruh santrinya.

Itu semua atas ada dukungan dari para alumni bahkan sampai di adakannya suatu ikatan untuk para alumni Pondok Pesantren Al-Munawwarah Ciloa yang disebut ikatan keluarga alumni Pesantren Almunawwarah Ciloa (IKAPA-Ciloa) yang setiap tahun selalu mengadakan suatu pertemuan yang disenbut alumnian yang sekaligus memperingati wafatnya sesepuh Pondok Pesantren Al-Munawwarah Ciloa atau lebih dikenal dengan haolan K.H Raden ahmad jawari yang wafat pada tahun 1997.

Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Nahwu Sharaf Al-Munawwaroh Ciloa ini dipimpin oleh beberapa pimpinan pondok pesantren diantaranya :

Bapak K.H Raden Muhammad Romli 1908 sampai tahun 1940

Bapak K.H Raden Ahmad Jawari dari tahun 1955 sampai tahun 1995

Bapak KH. Raden Agus Muhammad Sholeh dari tahun 1995 sampai sekarang.